DARI : P. HARTONO 3/5/2003
Perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial
2. PERILAKU TAK BERMORAL
Perilaku yang tidak sesuai dengan harapan sosial
3. PERILAKU AMORAL
(NON MORAL) Perilaku yang lebih disebabkan ketidakadilan terhadap pelanggaran standar kelompok
4. PERILAKU MORALITAS
- sesuai dengan standar sosial
- dilaksanakan secara suka rela
- tanggung jawab pribadi
PERKEMBANGAN MORAL ANAK
Definisi moral berasal dari kata latin MORES yang artinya tatacara, kebiasaan dan adat
Kondisi yang menunjang perkembangan moral anak:
1. Diri anak
- kesehatan prima
- kecerdasan
- motivasi
- kreativitas
- motivasi - rangsangan
- kasih sayang
- demokratis
- harapan yang realistis
- ekonomi - jumlah anggota keluarga
- demokratis
- disiplin yang konsisten
POLA PERKEMBANGAN MORAL
* Bergantung perkembangan kecerdasan
* Studi PIAGET dan KOHLBERG
Perkembangan moral : -kemampuan melakukan penilaian moral
- perilaku yang sesuai dengan standar sosial mengikuti pola yang dapat diramalkan yang sesuai dengan urutan tahapan dan perkembangan kecerdasan
Menurut KOHLBERG :
tahap 1 Moralitas prakonvensional berorientasi pada kepatuhan dan menyesuaikan terhadap harapan sosial untuk memperoleh penghargaan
tahap 2 Moralitas konvensional , menyesuaikan terhadap peraturan, memperoleh keyakinan bahwa bila kelompok sosial menerima ia harus berbuat sesuai dengan peraturan agar terhindar dari kecaman
tahap 3 Moralitas pascakonvensional, keyakinan keluwesan moral, menyesuaikan standar sosial
TAHAPAN/FASE PERKEMBANGAN MORAL
Menurut PIAGET
- Tahap realisme moral /moralitas oleh pembatasan, ketaatan otomatis terhadap peraturan, menilai tindakan benar/salah atas dasar konsekuensinya
- Tahap moralitas otonom / moralitas oleh kerjasama hubungan timbal balik, menilai perilaku atas dasar tujuan, dimulai antara usia 7- 12 tahun , bertepatan dengan tahap operasi formal dalam kognitif (mampu mempertimbangkan semua cara untuk memecahkan masalah)
FASE PERKEMBANGAN MORAL
Tahap 1 : perkembangan perilaku moral
belajar berperilaku dengan cara coba ralat, pendidikan, identifikasi
Tahap 2 : Perkembangan konsep moral
belajar konsep moral/prinsip benar salah dalam bentuk abstrak/verbal
caranya : Mendefinisikan perilaku baik dalam bentuk tindakan
pendorong psikologi mempelajari perkembangan moral :
- minat di dalam bidang disiplin
- masalah sosial
- kenakalan remaja
- teori perkembangan moral
- bukti perilaku moral diletakkan pada masa awal hidup
Perilaku moral ialah perilaku yang memenuhi standar kelompok , perilaku amoral/ immoral gagal melakukannya
Sebab Amoral/ Immoral :
1. Tidak setuju / ketidak acuhan tentang standar kelompok
2. Kurang memiliki perasaan keharusan
Faktor dalam perkembangan moral :
1. Minat belajar standar kelompok
2. Perkembangan hati nurani
3. Belajar merasa bersalah/malu bila perilakunya tak sesuai standar kelompok
4. Kesempatan berinteraksi
perkembangan moral tergantung perkembangan kecerdasan
perkembangan moral terjaadi dalam 2 fase :
- perkembangan perilaku moral
- perkembangan konsep moral
Hukuman mempunyai 3 peranan penting :
1. Menghalangi pengulangan perilaku yang tidak diiinginkan masyarakat
2. Memberitahu apa saja yang ditolerir kelompok sosial
3. Memotivasi untuk bersikap sesuai standar kelompok sosial
↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝ ↜↝
Tidak ada komentar:
Posting Komentar