Jumat, 25 Mei 2018

PERKEMBANGAN MORAL ANAK

DARI : P. HARTONO 3/5/2003



1. PERILAKU MORAL
    Perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial
2. PERILAKU TAK BERMORAL
     Perilaku yang tidak sesuai dengan harapan sosial
3.  PERILAKU AMORAL 
     (NON MORAL) Perilaku yang lebih disebabkan ketidakadilan terhadap pelanggaran                standar kelompok
4. PERILAKU MORALITAS
     - sesuai dengan standar sosial
     - dilaksanakan secara suka rela
     - tanggung jawab pribadi

PERKEMBANGAN MORAL ANAK
Definisi moral berasal dari kata latin MORES yang artinya tatacara, kebiasaan dan adat 
Kondisi yang menunjang perkembangan moral anak: 
1. Diri anak
  •  kesehatan prima
  • kecerdasan
  • motivasi
  • kreativitas
2. Rumah
  • motivasi - rangsangan 
  • kasih sayang
  • demokratis
  • harapan yang realistis
  • ekonomi - jumlah anggota keluarga
3. Pra sekolah
  • demokratis
  • disiplin yang konsisten 


POLA PERKEMBANGAN MORAL
* Bergantung perkembangan kecerdasan
* Studi PIAGET dan KOHLBERG
   Perkembangan moral : -kemampuan melakukan penilaian moral
                                        - perilaku yang sesuai dengan standar sosial mengikuti pola yang dapat                                                   diramalkan yang sesuai dengan urutan tahapan dan perkembangan                                                          kecerdasan
    Menurut KOHLBERG  :
    tahap 1  Moralitas prakonvensional berorientasi pada kepatuhan dan menyesuaikan terhadap                              harapan sosial untuk memperoleh penghargaan 
    tahap 2 Moralitas konvensional , menyesuaikan terhadap peraturan, memperoleh keyakinan bahwa                  bila kelompok sosial menerima ia harus berbuat sesuai dengan peraturan agar terhindar                        dari  kecaman 
    tahap 3 Moralitas pascakonvensional,  keyakinan keluwesan moral, menyesuaikan standar sosial

TAHAPAN/FASE PERKEMBANGAN MORAL
Menurut PIAGET 
- Tahap realisme moral /moralitas oleh pembatasan, ketaatan otomatis terhadap peraturan, menilai         tindakan benar/salah atas dasar konsekuensinya
- Tahap moralitas otonom / moralitas oleh kerjasama hubungan timbal balik, menilai perilaku atas         dasar tujuan, dimulai antara usia 7- 12 tahun , bertepatan dengan tahap operasi formal dalam               kognitif (mampu mempertimbangkan semua cara untuk memecahkan masalah)

FASE PERKEMBANGAN MORAL
Tahap 1 : perkembangan perilaku moral
belajar berperilaku dengan cara  coba ralat, pendidikan, identifikasi
Tahap 2 : Perkembangan konsep moral
belajar konsep moral/prinsip benar salah dalam bentuk abstrak/verbal
                           caranya : Mendefinisikan perilaku baik dalam bentuk tindakan  

pendorong psikologi mempelajari perkembangan moral  :
  1. minat di dalam bidang disiplin
  2. masalah sosial
  3. kenakalan remaja
  4. teori perkembangan moral
  5. bukti perilaku moral diletakkan pada masa awal hidup
    👦   👧           👭     👬     👫         😊     😔      😞


Perilaku moral  ialah perilaku yang memenuhi standar kelompok , perilaku amoral/ immoral gagal melakukannya
Sebab Amoral/ Immoral :
1. Tidak setuju / ketidak acuhan tentang standar kelompok
2. Kurang memiliki perasaan keharusan 

Faktor dalam perkembangan moral :
1. Minat belajar standar kelompok
2. Perkembangan hati nurani
3. Belajar merasa bersalah/malu bila perilakunya tak sesuai standar kelompok
4. Kesempatan berinteraksi

perkembangan moral tergantung perkembangan kecerdasan
perkembangan moral terjaadi dalam 2 fase : 
  • perkembangan perilaku moral 
  • perkembangan konsep moral 
Hukuman mempunyai 3 peranan penting : 
1. Menghalangi pengulangan perilaku yang tidak diiinginkan masyarakat
2. Memberitahu  apa saja yang ditolerir kelompok sosial 
3. Memotivasi untuk bersikap sesuai standar kelompok sosial

   ↜↝        ↜↝          ↜↝          ↜↝          ↜↝        ↜↝          ↜↝          ↜↝     ↜↝        ↜↝          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar