TUJUAN TK SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN
PROGRAM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH
HASAN BUSRI
PROGRAM PENDIDIKAN PRA SEKOLAH
HASAN BUSRI
Dalam dunia pendidikan ada beberapa tujuan, yaitu :
TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
TUJUAN INSTITUSIONAL
TUJUAN KURRIKULER
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Tujuan Pendidikan Nasional tertera dalam Pembukaan UUD 45 dan GBHNTUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL
TUJUAN INSTITUSIONAL
TUJUAN KURRIKULER
TUJUAN INSTRUKSIONAL
Tujuan institusional atau tujuan yang merupakan tujuan dari setiap jenjang pendidikan seperti SD SMP SMA SMK dan Perguruan Tinggi
Hakekat dan tujuan TK menurut kurikulum 68
TK adalah lembaga pendidikan yang pertama-tama memberikan secara sistimatis bimbingan dan pembinaan jasmani dan rohaniah dalam rangka perrkembangan anak secara harmonis dan optional yang lebih luas dari keluarga
Tujuan umum TK : membentuk manusia Pancasila sejati yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang cakap, sehat dan dapat bertanggung jawab terhadap Tuhan, masyarakat dan negara
Tujuan Khusus :
Memberikan kesempatan pada anak baik jasmani maupun rohani dalam rangka pengembangan potensi yang ada secara optimal sebagai individu yang khas
Memberi bimbingan yang seksama agar anak memiliki sifat-sifat yang baik agar diterima oleh masyarakat
Mencapai ketenangan mental dan fisik yang dibutuhkan untuk dapat melanjutkan pendidikanyang lebih tinggi
Memberikan kesempatan pada anak baik jasmani maupun rohani dalam rangka pengembangan potensi yang ada secara optimal sebagai individu yang khas
Memberi bimbingan yang seksama agar anak memiliki sifat-sifat yang baik agar diterima oleh masyarakat
Mencapai ketenangan mental dan fisik yang dibutuhkan untuk dapat melanjutkan pendidikanyang lebih tinggi
Fungsi TK :
Mengembangkan semua aspek kepribadian sebagai individu yang khas
Memupuk sifat yang baik seperti yang dimiliki orang dewasa
Memupuk kemampuan dasar yang diperlukan untuk belajar lebih lanjut
Program kegiatan kurikulum TK :
a. Kegiatan dalam rangka memupuk pemahaman dan penerapan Pancasila
b. Bidang bermain / kegiatan bebas
c. Bidang pendidikan bahasa
d. Bidang Alam sekitar
e. Bidang pendidikan jasmani
f. Bidang ungkapan kreatip/kesenian
g. Bidang Sosial Medis
h. Bidang pendidikan Skolastik
↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼
TUJUAN TK MENURUT KURIKULUN 76
Hakekat TK:
- Pusat pengembangan kepribadian anak
- Pusat Kesejahteraan Anak , usaha membantu ibu dalam memenuhi kebutuhan anak
- Usah memodernisasi / memajukan masyarakat di pedesaan
Fungsi TK :
- Membina perkembangna kepribadian anak
- Membina kesejahteraan anak yang diperlukan pada masa mudanya
- Memberi pendidikan pendahuluan untuk melanjutkan SD
- Membantu keluarga dalam memenuhi kebutuhan perkembangan dan pertumbuhan anak
- Memodernisasi keluarga dan masyarakat
Tujuan umum TK :
- memiliki sifat dasar sebagai pribadi yang bertanggung jawab
- memilliki bekal pengetahuan , ketrampilan nilai dan sikap yang diperlukan untuk bergaul dan berkomunikasi di masyarakat dan lingkungannya
- Siap memasuki SD secara fisik emosional sosial
- Siap melaksanakan pendidikan seumur hidup
Tujuan khusus TK :
Diharapkan terkembang dalam kegiatan yang berhubungan dengan bidang pengetahuan, bidang keterampiilan , bidang nilai dan sikap
Program pengembangan TK adalah :
a. Bidang pengembangan Pancasila
b. Bidang kegiatan bermain bebas
c, Bidang Pendidikan bahasa
d. Bidang pengembangan lingkungan hidup
e. Bidang pengembangan ungkapan kreatif
f. Bidang pengembangan olahraga kreatif
g. Bidang pengembangan pemeliharaan kesehatan
h. Bidang pengembangan pendidikan Skolastik
↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼↼
Kurikulum TK 1984
Tujuan Pendidikan TK :
- Meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap pengetahuan dan daya cipta yang diperlukan anak untuk hidup di lingkungan masyarakat
- Memberikab bekal kemampuan dasar untuk memasuki jenjang Pendidikan SD
- Memberikan bekal kemampuan dasar untuk mengembangkan diri sedini mungkin dalam rangka pendidikan seuumur hidupp
Program Pendidikan di TK
- Pendidikan moral Pancasila dengna tujuan menumbuhkan Moral Pancasila menuju terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya
- Pendidikan sejarah kebangsaan yang diarahkan kepada semangat pertumbuhan semangat kebangsaan dan cinta tanah air
- Kemampuan berbahasa sehingga mampu berpikir logis, sistmatis analisis dan pemahaman struktur bahasa yang sederhana dapat mengungkapkan pikiran sederhana, mampu berkomunikasi , berminat dalam penguasaan bahasa
- Bidang pengembangan Peran kemasyaraktan dan kesadaran lingkungan
- Bidang pengembangan daya cipta yang diarahkan untuk mampu mengelola perolehannya dan dapat menemukan bernmacam-macam alternatif suatu pemecahan masalah
- Bidang pengembangan Pengetahuan sehingga mampu memahami logika matematika, pengetahuan ruang waktu, mampu memilah dan mengelompokkan dalam rangka pengebangan kebiasaan berpikir teliti
- Bidang Pengembangan Jasmani dan kesehatan agar dengan latihan terkembang motorik halus dan kasar, cara hidup sehat yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar