MEDIA PEMBELAJARAN
Sebagai pedoman penggunaan media ada 5 P :
- Periksa media dan bahan media yang akan digunakan
- Persiapkan media dan segala perlengkapannya
- Persiapkan lingkungan atau ruang
- Persiapkan pebelajar, siswa perlu diberitahu media yang diguakan
- Persiapkan untuk kegiatan presentasi
Agar pembelajaran dapat efektif, perlu direncanakan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan media yang ditentukan, partisipasi siswa dibagi 3 tahap :
- tahap 1 : Apa yang dilakukan siswa sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
- tahap 2 : Apa yang harus dilakukan siswa selama kehgiatan pembelajaran berlangsunng
- tahap 3 : Apa yang harus dilakukan siswa setelah kegiatan selesai
EVALUASI DAN REVISI
Setelah kegiatan pembelajaran selesai perlu diadakan penilaian hasil belajar maupun penilaian proses pembelajaran, hasil penilaian dianalisis dan hasil analisa dimanfaatkan untuk perbaikan (revisi) supaya tidak terjadi kesalahan kedua kalinya
Dalam pemilihan Media ini GAGNE dan BRIGGS (1974) mengatakan :
Dengan mempertiimbangkan faktor-faktor bertentangan seperti lambat tetapi pasti "pengalaman langsung yang menghabiskan waktu dan cepat tapi penuh resiko terutama muncul bila ada pelajar yang tidak trampil, seseorang guru dapat menentukan sendiri tempat yang paling baik di skala ini (skala E. DALE) untuk memilih media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar