Pendapat 3 tokoh pendidikan pra sekolah tentang perkembangan anak usia prasekolah
- Menurut F.W FROEBEL (1782-1852)
Froebel berpendapat, pendidikan pra sekolah itu sebagai sarana untuk menciptakan suatu tatanan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang dan fase anak merupakan fasee yang sangat fundamental bagi perkembangna individu karena pada fase inilah terjadinya peluang yang sangat besa untuk pembentukan pribadi seseorang
2. Menurut MARIA MONTESSORI (1870-1952)
MARIA MONTESSORI berpendapat unntuk lebih menekankan pentingnya kondisi lingkungan yang bebas dan penuh kasih sayang untuk dapat berkembangnya potensi bawaan anak
3. Menurut KI HAJAR DEWANTARA (1889 - 1959)
Pendapat KI HAJAR DEWANTARA mengatakan bahwa anak adalah titipan Tuhan yang terdiri dari 2 unsur yaitu jasmani dan rohani dengan faktor pembawaan atau keturunan yang akan memberikan dasar bai pertumbuhan dan perkembangan anak
CIRI CIRI PERKEMBANGAN ANAK USIA PRA SEKOLAH
1. Perkembangan jasmani
- bertambah tinggi dan berat badan
- bertambahnya lingkar kepala, ligkar lengan
- ketrampilan motorik kasar dan halu meningkat
- aktivitas gerak meningkat
- berkembangnya tulang dan otot
- berkembangnya postur tubuh
- bertambahnya gigi
- dapat menyusun benda dari rendah ke tinggi
- dapat membedakan warna
2. Perkembangan kecerdasan
- dapat mengingat sesuatu
- dapat menyebutkan hal-hal baru
- dapat menyebutkan konsep bilangan
- dapat menyusun benda dari rendah ke tinggi
- dapat membedakan warna
- dapat menyebutkan alamat rumah
- dapat menceritakan sebuah cerita sederhana
- dapat menyanyi dan bersyair
- dapat berrcakap-cakap
- dapat menyampaikan pesan
- sabar menunggu giliran
- tidak cengeng
- saling tolong menolong dengan teman
- dapat bergaul dengan teman
- mau berbagi sesama teman
- mau meminta maaf bila salah
- dapat membedakan milik sendiri dan orang lain
- Program TPA (Day Care)
- Program untuk orang tua
- Program Head start
- Program Hippy
- Program bina keluarga balita
- TK
- Play group
Tidak ada komentar:
Posting Komentar