Sabtu, 19 Mei 2018

PRINSIP-PRINSIP STRATEGI PEMBELAJARAN

TIPE-TIPE BELAJAR
💢💢💢
  1. Berdasarkan penginderaan : Sensory type
        * Pengamatan (Visual)
        * Pendengaran (Auditif)
        *Perabaan (Sensual)
        *Pengecapan (Oral)
        *Pembauan (Smelling)
   2. Berdasarkan gerak motor
   3. Berdasarkan hafalan (memory type)
   4. Berdasarkan pemecahan masalah (problem solving)
   5. Berdasarkan emosi (emotional type)


Macam-macam strategi pembelajaran :
  1. Kegiatan visual
  2. Kegiatan oral
  3. Kegiatan mendengar
  4. Kegiatan Menulis
  5. Kegiatan menggambar
  6. Kegiatan motorik
  7. Kegiatan mental
  8. Kegiatan emosional
  9. Kegiatan sosial
Strategi Pembelajaran :
  1. Diulang-ulang
  2. Urut / sistematis / sequensial
  3. Bahasa jelas/komunikatif
  4. Ucapan jelas / perlahan-lahan
  5. Ada tempat / ruang yang representatif
  6. Sabar dan ramah
  7. Memperhatikan individu
  8. Berganti-ganti / variatif
PRINSIP-PRINSIP STRATEGI PEMBELAJARAN
  1. Sebagai 1 komponen proses pembelajaran / tidak berdiri sendiri
  2. Dipengaruhi oleh tujuan, bahan/isi, waktu, media
  3. Tergantung ketrampilan guru/pemakai/presenter
  4. Memperhatikan kesiapan / kemampuan siswa
  5. Dapat dipergunakan : - Sendiri/tunggal
                                       - Kumulatif / kumpulan
                                       - Sekuensial
   6. Merupakan interaksi
   7. Sebagai gambaran pokok proses belajar mengajar
   8. Berpengaruh pada cara berpikir siswa
   9. Ada kaitan dengan seni mengajar
  10. Terlebih dahulu harus dipersiapkan oleh guru 

Klasifikasi / jenis strategi
1. Guru aktif  : cerita, demonstrasi, bertanya, mengenalkan, cerita dengan            ilustrasi dll
    Siswa aktif:  latihan, meniru, tugas, bermain
2. Ekspositori
    Guru aktif   : memberi contoh, menunjukkan, memberi penjelasan,                    demonstrasi, cerita
    Inkuiri
    Siswa mencari : menemukan, mencari, membedakan, mengidentifikasi
3. Kelompok kelas : ceramah, demonstrasi, cerita, menonton film/tv, cerita            boneka, menirukan  
    Kelompok Kecil : grouping (achievement), Bekerja sama, tugas kelompok,          bermain kelompok, membaca bersama
    Individu           : latihan, menirukan, membaca, mengerjakan, berrmain                                      bebas
4. Menurut BLOOM 
    Kognitif : klasifikasi/urai, menjelaskan, mengenal, dll
    Afektif   : Menyanyi, berdoa, menggambar cerita, menceritakan
    Psikomotorik : bermain

TEKNIK DAN METODE PEMBELAJARAN 
1. Guru menjelaskan secara lisan
    tujuan :  1. Menyamakan pengertian dan maksud/persepsi
                 2. Bersama-sama diberikan penjelasannya pada saat yang sama
                 3. Melatih pikiran, ingatan, pengertian dll
    syarat : - sistematis/ langkah demi langkah
                - sederhana dan jelas 
                - di ulang-ulang
                - diberi contoh (yang benar dan yang salah)
                - dimonitor
                - koreksi segera
    kesulitan/masalah :
    a. Sulit konsentrasi
    b. Bahasa (kurang jelas, kurang tegas, dsb)
    c. Terlalu kompleks / panjang dan lama
    d. Tidak menarik
    e. Guru kurang sabar
    f. Suara (terlalu tinggi/rendah/cepat)
2. Guru demonstrasi (dengan alat / media)
    tujuan : 1. Memperjelas obyek
                 2. Menyamakan tiruan 
                 3. Melatih (ketelitian) indra
                 4. Menarik perhatian
   Syarat   : a. sistimatis / langkah demi langkah
                  b. berhenti pada hal yang sulit /kompleks
                  c. di ulang-ulang
                  d. Siswa mengikuti degan obyek yang sama
                  e. di monitor/ feed back
   Kesulitan : - Obyek / alat terbatas
                   - Kursi / fasilitas kaku
                   - siswa sulit berkonsentrasi
                   - penjelasan terlalu cepat
                   - tidak di monitor
                   - adanya perbedaan individual
3. Guru bercerita 
    Macam- macam : *  Lisan
                              *  Cerita bergambar
                              *  Cerita boneka
                              *   Film / Slide
   Tujuan                : 1. Menambah kekayaan / perbendaharaan bahasa
                               2. Kesempatan berrekspresi yang tepat
                               3. Kesempatan berfantasi
                               4. Mendekatkan guru - siswa
                               5. Tauladan
    cerita bersifat kongkrit/tidak abstrak, mudah di mengerti, pilihan kata tepat,       contoh-contoh sesuai
   Syarat : a. Persiapan matang
                b. Siswa bebas tapi tertib
                c. Suara guru jelas
                d. Sistematis / urut
                e. Guru menjiwai isi (mampu mempersonifikasikan)
                f.  Ada umpan balik/feedback
                e. Gambar berwarna
   Kesulitan : - suara kurang jelas
                   - bahasa kurang tepat
                   - kurang ekspresif
                   - gambar kurang jelas / boneka kurang cocok
                   - kurang persiapan
                   - guru kurang / tidak biasa bercerita
                   - kurang feedback

4. Membaca cerita
    tujuan : 1. Merangsang minat baca anak
                 2. Memperkaya perbendaraan bahasa
                 3. Fantasi dan imajinasi
                 4. Mendekatkan hubungan guru - siswa
                 5. Membedakan benar - salah
    syarat : - dipelajari guru terlebih dahulu
                - cari kosa kata baru dan sulit
                - lokasi tepat (sesuai isi cerita)
                - suara jelas dan menjiwai / personifikasi
                - dibantu media gambar
                -  wajah guru terlihat
                - siswa bebas
    Kriteria bacaan : a. Isi sesuai dengan umur siswa
                             b. Bahasa sederhana
                             c. Dapat divisualisasikan / tidak abstrak
                             d. Ada nilai baik/buruk
                             e. Tidak panjang 
                             f. Tidak banyak kata-kata sulit/baru

    
                                               ðŸ•®ðŸ•®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar