Sabtu, 19 Mei 2018

KURIKULUM DAN TUJUAN TK

dari : jonMMX2000



  • TUJUAN TK MENURUT KURIKULUM 1994
PKB bertujuan membantu meletakkan dasar perkembangan sikap pengetahuan ketrampilan dan daya            cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam rangka menyesuaikan diri dengan lingkungan                  dan  untuk pertumbuhan dan perkembangan  selanjutnya
TUJUAN DARI SETIAP PROGRAM 
Tujuan program pembentukan perilaku adalah mempersiapkan anak didik sedini mungkin untuk mengembangkan sikap dan perilaku yang didasari oleh nilai nilai moral pancasila dan agama.
Tujuan pengembangan bahasa adalah agar anak didik mampu berkomuunikasi secara lisan dengan lingkungan
Tujuan pengembangan daya cipta adalah membuat anak kreatif yaitu lancar , fleksibel dan orisinil dalam bertutur kata berpikir serta berolah tangan an berolah tubuh sebagai latihan motorik halus dan motorik kasar
Tujuan pengembangan daya pikir adalah bertujuan agar anak didik mampu menghubungkan pengetahuan yang sudah ada dengan pengetahuan yang baru
Tujuan pengembangan ketrampilan adalah mengembangkan ketrampilan motorik halus anak didik dalam berolah tangan
Tujuan pengembangan jasmani adalah mengembangkan ketrampilan motorik kasar anak didik dalam berollah tubuh untuk pertumbuhan dan kesehatannya


  • TUJUAN PENDIDIKAN TK MENURUT KURIKULUM KOMPETENSI
Pengertian KURIKULUM 
                   KURIKULUM merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah
KOMPETENSI DASAR
Kompetensi dasar merupakan pengembangan potensi poensi perkembangan anak yang diwuujudkan dalam kebiasaan berrpikir dan bertindak sesuai dengna usianya berrupa pengetahuan, ketrampilan dan nilai nilai yang dapat dikenali melalui sejumlah hasil belajar dan indikator yang dapat diukur dan diamati
HASIL BELAJAR merupakan cerminan kemampuan anak yang dicapai dari satu tahapan pengalaman belajar dalam suatu kompetensi dasar
INDIKATOR merupakan hasil belajar yang lebih spesifik dan terukur dalam suatu kompetensi dasar. Apabila serangkaian indikator dalam suatu kompetensi dasar sudah tercapai berarti target kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi
FUNGSI DAN TUJUAN
Fungsi pendidikan taman kanak kanak adalah :
Mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak
Mengenalkan anak dengan dunia sekitar
Menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik
Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi
Mengembangkan ketrampilan dan kreativitas kemampuan yang dimiliki anak
Menyiapkan anak memasuki pendidikan dasar

Tujuan pendidikan di TK 
Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik fisik maupun psikis yang meliputi moral dan nilai nilai agama, sosial, emosional, kognitif, bahasan, fisik motorik, kemandirian untuk memasuki sekolah dasar
👦👧
Ruang Lingkup  
Pendidikan di TK mencakup pengembangan : 
1. Moral dan nilai nilai agama 
2. Sosial, emosi dan kemandirian 
3. Kemampuan berbahasa
4. Kognitip 
5. Fisik motorik
6. Seni

TUJUAN SETIAP PENGEMBANGAN 
  1. Pengembangan perilaku melalui pembiasaan merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak sehingga menjadi kebiasaan yang baik
  2. Bidang pengembangan perilaku meliputi pengembangan moral dan agama dengan tujuan meningkatkan ketakwaan anak terhadap Tuhan yang Maha Esa dan membina sikap anak dalam rangka meletakkan dasar agar anak menjadi warga negara yang baik
  3. Program pengembangan sosial dan kemandirian dimaksudkan membian anak 
  4. Anak dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup
TUJUAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN DASAR MELIPUTI
  • Kemampuan berbahasa dengan tujuan agar anak mampu mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat dan mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk berbahasa Indonesia
  • Pengembangan kognitif bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajarnya dapat menemukan bermacam-macam alternatif dalam memecahkan masalah, membantu anak dalam mengembangkan logika matematik dan pengetahuan yang berhubungan ruang dan waktu serta mempunyai kemampuan untuk memilah mengelompokkan serta mempersiapkan untuk berpikir teliti
  • Pengembangan fisik dan motorik bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol, mengkoordinasikan gerakan tubuh serta meningkatkan cara hidup sehat yang dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, terampil dan sehat
  • Pengembangan seni bertujuan agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imaginasinya, mengembangkan kepekaan dan dapat menghargai hasil karya yang kreatif.
🙋program pendidikan pra sekolah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar